Friday, June 17, 2011

Its TEH! Woohoo!



Fungsi Teh
Sebagai minuman terpopuler kedua di dunia setelah air putih, teh berkhasiat bagi kesehatan. Diantaranya :
-mencegah kanker
-meningkat produksi trombosite
-mangandung vitamin C
-menurunkan kemungkinan serangan jantung
-memperkuat urat-urat
-membantu pencernaan
-penyubur dan menghitamkan rambut
-mencegah kencing manis (diabetes mellitus)
-mengatasi sakit kepala
-mengandung floride dan mineral yang memperkuat gigi dan tulang
-berfungsi sebagai anti-bakteri, melawan penyakit seperti diare, cholera, tipes
-mempertajam pikiran, konsentrasi dan menghilangkan kelelahan

Berdasarkan hasil penelitian Dr Sirving O Keli dari Lembaga Perlindungan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Belanda, meminum teh sebaiknya minimal 4,7 cangkir per hari. Dengan cara ini, peminumnya akan tetap bugar dan terhindar dari gangguan jantung dan kanker.

Dalam buku Shennong Bencao, Sennong mencatat 72 jenis tanaman beracun yang dapat dinetralisir oleh teh. Dengan kemampuan antibakterinya, teh membantu menghambat infeksi tenggorokan. Penelitian juga menunjukkan, meminum teh akan memperbaiki konsentrasi, ketajaman perhatian, dan kemampuan memecahkan masalah.

Lebih dari itu, teh bisa pula digunakan sebagai obat luar untuk beberapa penyakit. Di Cina, umpamanya, teh hijau digunakan sebagai obat rumah untuk me-nyembuhkan luka atau mencegah penyakit kulit dan penyakit kaki karena kutu air.

Disamping teh, ada minuman yang disebut infusion atau teh herbal. Teh Herbal punya khasiat kesehatan disamping punya rasa yang enak, tapi bahan aslinya sesungguhnya tidak mengandung teh (akan dijelaskan edisi berikutnya), meski disebut 'Teh Herbal'.

Penggunaan Teh
Jangan minum teh berlebihan. Anda bisa mengalami keracunan kafeina kronis. Bila minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), rasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak napas, dan kadang sukar buang air besar. Untuk pengobatan, perhatikan takaran dan aturan penggunaan daun tehnya.
1. Diare
Daun teh yang masih muda dan segar sebanyak 20 g dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih selama 15 menit. Setelah dingin disaring dan minum sekaligus.
2. Penyubur dan menghitamkan rambut
Air teh kental sebanyak 1 cangkir diembunkan semalaman. Keesokan paginya air teh ini siap dipakai untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan 1 kali setiap hari, sampai kelihatan hasilnya.
3. Sakit kepala
Air teh kental 3/4 cangkir, diberi air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan madu 1 sendok makan. Aduk sampai merata, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 - 3 kali sehari.
4. Mengurangi pembentukan karang gigi
Kumur-kumur dengan air teh setelah makan.
5. Infeksi saluran cerna, kolesterol darah tinggi
Daun teh kering (teh hijau) sebanyak 7 gr diseduh dengan air panas. Biarkan selama 10 menit. Minum selagi hangat.

Bahan Campuran Kosmetik
Selain berfungsi untuk kesegaran dan kesehatan, semua bagian tanaman teh juga bisa digunakan untuk bahan- bahan kosmetik. Di antaranya, untuk lotion; cream antiseptik; produk-produk perawatan rambut macam shampo atau conditioner; perawatan mulut seperti pasta gigi, mouthwash, dan pelindung bibir; deodoran; produk pembersih macam sabun atau pembersih kulit; perawatan tubuh seperti hand & body lotion; perawatan kaki; dan produk-produk pelindung tubuh dari sengatan matahari atau yang diperlukan selama perjalanan.

Produk kosmetik yang menggunakan bahan campuran teh (terutama teh hijau) memang lebih banyak dijual dengan sistem multi level atau via internet. Tapi belakangan makin banyak produk yang menganduk ekstrak green tea yang dijual di pasar bebas dan bisa dibeli di berbagai supermarket. Terutama produk shampoo, conditioner, lotion, dan beragam sabun.

No comments: